Tips Membeli Mobil Bekas Jakarta Agar Puas Tidak Menyesal

Tips Membeli Mobil Bekas Jakarta Agar Puas Tidak Menyesal

Memiliki mobil merupakan impian setiap orang, namun tidak semua orang mampu memiliki mobil karena harganya cukup mahal. Jika memang anda benar-benar ingin membeli mobil maka solusi terbaik adalah dengan membeli mobil bekas. Mobil bekas Jakarta bisa menjadi pilihan terbaik karena harganya lebih terjangkau, selain itu ada banyak varian yang bisa anda pilih sesuaikan dengan minat dan budget.

Jika berniat membeli mobil bekas anda harus benar-benar jeli dalam memilih dan mengecek mobil tersebut. Karena ada banyak mobil yang sengaja di jual karena kondisinya sudah tidak normal lagi. Berikut ini adalah tips-tips dan cara-cara yang harus anda lakukan sebelum membeli mobil.

  1. Pilih Tempat Pembelian Mobil Terpercaya

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan memilih tempat pembelian, jika anda memiliki kenalan yang ingin menjual mobil maka anda bisa menawarkan diri untuk membelinya. Dengan membeli di tempat orang yang kita kenal maka kita tahu seperti apa kondisi asli mobil tersebut. Harganya juga akan lebih terjangkau dibanding dengan membeli di tempat lain.

Tempat jual mobil bekas juga bisa melalui showroom, di tempat ini juga ada banyak pilihan. Tetapi anda harus lebih berhati-hati karena ada banyak mobil bermasalah disulap menjadi mobil keren. Harganya juga lebih mahal di banding membeli di tangan pertama.

  1. Lihat Kondisi Eksterior Mobil

Penampakan atau eksterior mobil merupakan hal pertama yang harus kita lihat saat membeli mobil. Jika eksterior sudah bermasalah maka kita akan berfikir ulang untuk melihat kondisi mesin dan interior mobil. Bagian eksterior yang harus di cek adalah bagian bodynya. Apakah terdapat kerusakan akibat kecelakaan dan goresan. Perhatikan juga bagian kaca apakah ada yang retak atau pecah.

Anda juga harus memeriksa kondisi lampu mobil, apakah masih redup atau bahkan sudah mati. Lihat juga kondisi ban mobil, apakah masih bagus atau sudah aus. Jangan lupakan juga bagian kolong mobil apakah sudah karatan dan keropos atau masih bagus.

  1. Perhatikan Interior Mobil

Setelah melihat bagian eksterior mobil penting juga melihat bagian interior dan aksesoris di dalam mobil. Cermati lebih dalam bagian dashboard, AC, karpet, jok dan langit-langit mobil. Anda juga bisa mengecek jok dengan cara mendudukinya dan tarik ke belakang. Cek kondisi buka tutup pintu apakah masih normal atau sudah rusak. cek juga fasilitas di dalam mobil seperti radio, audio dan lainnya.

  1. Cek Fisik dan Performa Mobil

Ini adalah salah satu hal yang harus dilakukan saat membeli mobil bekas. Lakukan cek fisik di kantor samsat, namun jangan lupa untuk meminta ijin kepada pemilik mobil terlebih dahulu. Selain itu lihat seberapa bagus performa mesin mobil, silahkan hidupkan mesin dan coba jalankan dengan baik. Lakukan oper gigi dan cobalah untuk berjalan di jalanan yang kurang rata. Jika anda bingung maka anda bisa membawa saudara atau teman yang paham tentang mesin mobil.

  1. Cek kelengkapan Surat

Lihat kelengkapan surat-surat mobil, hal ini harus dilakukan karena berhubungan dengan ijin dan keselamatan saat berkendara. Pastikan mobil bekas yang ingin dibeli sudah dilengkapi dengan surat-surat penting seperti STNK dan BPKB asli. Pastikan bahwa BPKB dan STNK tersebut asli karena ada banyak dokumen-dokumen yang mudah dipalsukan.

  1. Jangan Tergoda Mobil Murah

Ada banyak iklan bertebaran diberbagai surat kabar dan alat komunikasi lainnya, jangan sampai anda tergoda dengan mobil murah namun kualitasnya rendah dan banyak yang rusak. Lakukan cek fisik, eksterior, interior dan cek mesin dengan detail sebelum anda membeli.

  1. Ketahui Histori Mobil

Jika anda membeli mobil saudara atau tetangga anda tidak perlu menanyakan secara detail mobil tersebut di jual dan sejarahnya. Namun jika anda membeli mobil bekas di showroom atau tempat asing lainnya maka anda harus tahu sejarah dari mobil bekas tersebut. Apakah ,mobil tersebut pernah terlibat kecelakaan, pernah menabrak atau ditabrak dan apakah pernah terendam banjir. Dimana daerah Jakarta merupakan daerah rawan kebanjiran.

Tips dan cara-cara di atas harus anda pratikkan dengan benar saat membeli mobil bekas. Walaupun harga mobil bekas terjangkau tetapi anda tetap harus memperhatikan hal-hal di atas agar anda tidak merugi setelah membeli.

shares