Pentingnya Fitur Negosiasi dan Katalog dalam E-Procurement

Others

Pelaksanaan procurement secara konvensional masih menjadi pilihan beberapa perusahaan tertentu. Namun, kekurangan seperti human error, waktu transaksi yang lama, dan peluang penyalahgunaan anggaran dapat diminimalisir dengan berganti ke eprocurement. Proses pengadaan barang melalui jaringan digital lebih menghemat waktu dan tenaga. Terlebih lagi dengan adanya dua fitur penting yaitu katalog dan negosiasi.

Keunggulan Halaman Katalog dan Negosiasi

  • Halaman katalog

Salah satu keunggulan pengadaan melalui online adalah menghemat biaya, namun bukan berarti pengeluaran tidak perlu diperhitungkan lagi. Dalam e-procurement, tetap harus mengendalikan biaya dengan memanfaatkan fitur halaman katalog. Halaman katalog pada e-procurement dikhususkan untuk membagi produk dan jasa sesuai dengan jenisnya, seperti halnya penggunaan etalase untuk memajang produk di toko offline.

Bagi pihak penjual, katalog dimanfaatkan untuk mengelompokkan jenis produk serta jasa, dan mencantumkan profil dari perusahaan penyedia. Bagi pihak pembeli, katalog sangat memudahkan saat pencarian jenis produk yang dibutuhkan. Dengan begitu, perusahaan pembeli lebih mudah melakukan kontrol terhadap pembelian yang dilakukan karyawan sehingga meminimalisir pengeluaran tambahan untuk barang yang tidak diperlukan.

Seperti halnya pada salah satu e-procurement yaitu Mbizmarket, halaman katalog tersusun secara jelas sehingga produk dapat dicari berdasarkan kelompoknya. Pengelompokannya seperti  Elektronik dan Komunikasi, Groceries, Kesehatan dan Kecantikan, Otomotif dan Transportasi, Jasa, dan Agrikultur. Berkat halaman katalog, proses pembelian akan menghemat waktu, dan invoice langsung didapat setelah langkah checkout dilakukan.

  • Halaman Negosiasi

Belanja untuk pengadaan dan kebutuhan bisnis untuk perusahaan akan lebih cepat dan efektif apabila melalui online. Salah satu fitur yang berguna untuk mendukung transaksi tersebut adalah negosiasi. Seperti pada platform e-procurement Mbizmarket, negosiasi pun menjadi salah satu fitur unggulan yang memudahkan komunikasi antara pembeli dan penjual guna mencapai kesepakatan harga.

Negosiasi semacam ini memang sangat penting bagi bisnis jenis B2B atau Business to Business sehingga penjual dan pembeli sama-sama diuntungkan. Fitur negosiasi yang disediakan oleh eprocurement Indonesia semacam Mbizmarket dapat digunakan tanpa batas sehingga penjual dan pembeli dapat leluasa bernegosiasi demi mendapatkan harga yang disepakati. Selain itu, permintaan penawaran pun dapat dilakukan.

Permintaan penawaran tersebut memungkinkan berbagai vendor yang menjadi anggota e-procurement memberikan penawaran secara terbuka terhadap produk yang diminta oleh pembeli. Nantinya, pembeli memiliki kesempatan untuk memilih dan melakukan negosiasi dengan vendor hingga transaksi jual beli dimantapkan. Karena proses negosiasi dilakukan melalui jaringan digital, maka lebih menghemat waktu, tenaga, dan biaya.

Selain fitur negosiasi dan katalog, e-procurement seperti Mbizmarket juga dilengkapi dengan beberapa fitur pendukung lain yaitu sistem persetujuan online, budget control, order & fulfillment tracking, dan term of payment. Semua fitur tersebut dibuat agar kegiatan jual beli produk/jasa antara penjual dan pembeli menjadi lebih praktis, cepat, efisien dan sama-sama menguntungkan.