Hindari Kebiasaan Penyebab Usus Buntu

Hindari Kebiasaan Penyebab Usus Buntu

Kesehatan

Infeksi yang terjadi pada usus buntu meradang, membengkak bahkan hingga bernanah. Banyak hal yang menjadi faktor penyebab usus buntu.

Seperti pintu rongga usus buntu yang terhambat, tinja atau pertumbuhan parasit yang dapat menyumbat rongga usus buntu, infeksi saluran pencernaan atau bagian tubuh lainnya yang menyebabkan pembengkakan jaringan usus buntu dan cedera perut. Ini gejala usus buntu yang biasanya terjadi. Jika dibiarkan, maka dikhawatirkan akan semakin parah hingga menimbulkan tumor yang terjadi pada perut.

Pembengkakan dan peradangan yang terjadi pada usus buntu semakin meningkat jika seseorang mempunyai beberapa faktor risiko sebagai berikut:

  1. Sering mengonsumsi gorengan. Sangat mustahil rasanya jika salah satu diantara kita tidak pernah memakan gorengan. Makan makanan gorengan sebenarnya tidak menmbulkan masalah, dengan catatan tidak mengkonsmsinya setiap hari atau menjadi kebiasaan. Makanan gorengan diolah dengan menggunakan lemak jenuh untuk mematangkannya. Sementara efek dari kandungan lemak dalam gorengan ini, bisa menyebabkan masalah lain seperti kolestrol naik, dan penyebab terjadinya usus buntu.
  2. Makanan jambu biji tanpa disaring. Tanpa kita sadari buah jambu biji memang terasa sangat nikmat hingga membuat kita ketagihan. Rasa khas dan manis dalam buah ini menjadikan banyak orang yang menyukainya. Namun tahukah Anda, biji kecil yang terdapat di dalamnya itu termasuk salah satu bagian yang tidak bisa dicerna. Selain sangat memungkinkan keberadaan biji ini bisa menyebabkan usus menjadi buntu.

Namun biji jambu di atas sedikit pengaruhnya terkait usus buntu, hanya sekian persennya saja. Namun tetap perlu diwaspadai agar hindari makanan bertekstur keras, yang sulit dicerna usus. Demikian guna menghindari hal-hal yang tak diinginkan dikemudian hari.

  1. Makanan yang tak higienis. Usus buntu juga dapat disebabkan oleh bakteri jahat yang terdapat dalam makanan, yang mungkin pernah kita makan. Untuk menghindari terjadinya hal tersebut, Anda diharuskan untuk menghindari makanan terbuka atau tanpa pembungkus, agar bakteri dan virus tak mudah mengontaminasi makanan yang akan dikonsumsi
  2. Terlalu sering menahan kentut. Ternyata selain faktor makanan, penyebab terjadinya usus buntu juga dapat timbul akibat kebiasaan menahan kentut. Hal ini terjadi karena udara gas yang akan dikeluarkan mengandung gas bakteri yang beragam sifatnya. Jika Anda keseringan menahan gas yang tidak dibutuhkan oleh tubuh ini, maka kemungkinan gas akan mengikis dinding usus. Pada akhirnya menyebabkan peradangan, hingg menimbulkan usus buntu.