Inilah Penyebab dari Sakit Kepala Sebelah Kanan yang Perlu Anda Waspadai

Inilah Penyebab dari Sakit Kepala Sebelah Kanan yang Perlu Anda Waspadai

Kesehatan

Sakit kepala menjadi salah satu penyakit yang hampir pernah diderita oleh semua orang di dunia. Penyakit yang satu ini bisa terjadi karena berbagai hal, seperti kurang tidur, sedang banyak pikiran, stress, hingga karena telat makan. Pada beberapa kasus, sakit kepala ada yang hanya menyerang bagian kanan saja. Kondisi ini juga terbilang sama-sama menyiksa dan menimbulkan rasa sakit yang tidak tertahankan, hingga mengganggu aktivitas penderitanya. Sakit kepala sebelah kanan biasanya disebabkan oleh beberapa kondisi medis tertentu. Sehingga ketika Anda mengalami kondisi ini, sebaiknya tidak menganggapnya remeh.

Sakit kepala terjadi karena ada ketidaknormalan dalam sistem saraf manusia. Selain gejala berupa kepala terasa berat dan pening, sakit kepala tak jarang juga bisa menimbulkan berbagai gejala lain, seperti penglihatan terganggu, mual, dan merasa sangat lelah. Sakit kepala hanya di sebelah kanan saja sering disebut juga dengan nama migrain atau sakit kepala cluster. Namun pada kasus langka, bisa dikategorikan sebagai hemicrania continua dan aneurisma.

Sakit kepala di sebelah kanan bisa diindikasikan seseorang sedang mengalami kondisi medis tertentu, seperti:

  • Sakit kepala tegang.

Merupakan jenis sakit kepala yang paling sering terjadi dan dikategorikan sebagai sakit kepala biasa. Seseorang yang mengalami sakit kepala tegang biasanya akan merasakan sakit pada salah satu sisi kepala atau bisa juga pada kedua sisi kepala. Selain itu juga merasakan otot leher yang semakin tegang, serta tekanan pada bagian belakang mata. Kondisi penyakit ini bisa terjadi dalam hitungan menit, jam, bahkan hari.

  • Migrain kronis.

Migraine kronis biasanya terjadi pada mereka yang sering mengalami migraine secara berulang-ulang. Gejala pada penyakit ini, berupa sakit kepala pada satu atau kedua sisi kepala, serta rasa nyeri dan berdenyut pada kepala dengan intensitas sakit yang diderita mulai dari sedang hingga parah. Sebelum muncul gejala nyeri kepala, biasanya migraine kronis diawal dengan gejala mual dan terasa silau. Migrain kronis jika dibiarkan bisa menjadi penyebab sakit kepala di sebelah kana yang menjalar ke bagian leher.

  • Sakit kepala cluster.

Sakit kepala cluster umumnya sering terjadi pada kaum pria di usia dewasa dengan memiliki pola tertentu kemunculannya. Gejala yang muncul berupa rasa nyeri di sekitar mata yang kemudian menjalar hingga ke leher, bahu, dan wajah.

  • Meningitis (radang selaput otak).

Meningitis menjadi penyakit lainnya yang bisa menyebabkan penderitanya merasa sakit kepala di sebelah kanan. Penyakit meningitis sendiri bisa terjadi karena adanya infeksi pada meninges (selaput pelindung) yang berada di sekitar otak dan saraf tulang belakang. Infeksi ini terjadi karena adanya bakteri, virus, dan jamur yang menyerang. Gejala yang timbul pada penderita meningitis, yaitu sakit kepala hebat, demam tinggi, badan ,lemas, dan kesadaran menurun.

  • Cedera kepala.

Seseorang yang pernah mengalami cedera kepala karena pukulan atau akibat lainnya biasanya akan menunjukkan gejala, seperti sakit kepala, rasa mual dan ingin muntah, serta kehilangan keseimbangan tubuhnya.

  • Tumor otak.

Seseorang yang menderita tumor otak memiliki gejala berupa sakit kepala di sebelah kanan. Tumor otak bisa terjadi karena adanya sel-sel abnormal yang tumbuh di dalam atau di sekitar otak.

  • Humicrania continua.

Meskipun sakit kepala sebelah kanan jarang terjadi karena menderita humicrania continua, namun penyakit ini juga masuk dalam kategori penyebabnya. Penyakit humicrania continua selain menimbulkan gejala sakit kepala sebelah, juga menunjukkan gejala hidung tersumbat, dan kelopak mata turun.